Sabtu, 15 Januari 2011

Anyaman Rasa : Hastabrata

PENTING!!!

Waaahhh…Jiancuuukkk… Para pemimpin yang ndableg pasti ndak tau yang ini!, informasi ini penting banget untuk kalian - kalian semua calon pemimpin, calon pemimpin apapun itu, Calon Ketua kelas, Calon Ketua RT, Calon Ketua RW, Calon ketua Geng, dan ini yang lebih penting Calon Kepala Negara atawa Presiden.

HASTABRATA

Astabrata adalah kajian kepemimpinan yang baik untuk dijadikan panutan, dengan berpedoman pada kebajikan unsur-unsur semesta seperti matahari, rembulan, bintang, bumi, angkasa, api, angin, dan air. . Hasta artinya tindakan, dan Brata yang artinya Pemimpin.

I. Surya Brata ( Seperti Matahari)

- Pemimipin harus seperti Matahari memberi energi, Nah…aku ndak merasa dapat energi dari Pak Presiden kita.

II. Candra Brata (Seperti Rembulan)

- Pemimpin harus menerangi setiap gelap dengan keindahan bukan dengan korban, Pak SBY kayanya ga pernah memberi Penerangan kepada saya.

III. Bintang Brata (Seperti Bintang)

- Pemimpin itu hendaknya seperti bintang memberi arahan yang jelas dan pasti, mengarah pada tujuan yang jelas akan dibawa kemana kita, Nyampe sekarang kita tidak tahu tujuan pasti Pak SBY.

IV. Bhumi Brata (Seperti Bumi)

- Pemimpin itu musti seperti bumi, diungkit-ungkit, diludahi, diinjek-injek, bahkan dikotori tapi malah justru trus memberikan kemaslahatan u/ manusia, Pak SBY malah sering ngeluh.

V. Agni Brata (Seperti Api)

- Seperti sifatapi membakar habis, dalam artian tuntas kerjanya, tidak mengambangkan banyak hal, gak ngambangin apa lagi Pak SBY, Century, Rekening Gendut Perwira, calon ngambang lagi Gayus…

VI. Amerrta Brata (Seperti Air)

- Bak air pemimpin itu senantiasa menyamarkan dirinya, kalau kumpul dengan orang kaya tidak kelihatan miskin, begitupun sebaliknya, disini Pak SBY Lumayan karena Poliik Pencitraanya dianggap paling berhasil.

VII. Gunung Brata (Seperti Gunung)

- Gunung lambang kekohohan, jadi pemimpin harus tegas kokoh pada pendirian berdasar kebenaran mutlak, Pak SBY juga rada lumayan disegi ini.

VIII. Baruna Brata (Seperti Laut)

- Bagai laut pemimpin harus bisa menampung seluruh aspirasi rakyatnya, membarung semua harapan dan impian rakyatnya yg diberikan padanya, Disini Pak SBY kurang inspiratif.

***

Hastabrata adalah isi wejangan dari Sang Hyang Giri Nata (Tuhan) dalam wujud Begawan Kesawasi pada Arjuna yang kala itu sedang bersemadi di Gunung Kutharungu. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KALA ITU

Angin berdesir kala itu Aku tahu kau suka angin itu Semilir menerpa jilbab panjangmu itu Senyuman kecilmu tanda kau suka itu Aku ingin berta...