Selasa, 29 Maret 2011

Tumpeng Setinggi Gunung di Samping Sumur Tirtamerta ECR2 #5

Malam itu cuma ada suara jangkrik, krak… krik… krak… krik… tak ada suara binatang malam lain pokoknya, biasanya kan ada suara codotlah, kodoklah, atau bunyi kucing betina yang berteriak-teriak dikejar-kejar si pejantan yang sudah ON… J.

“Sudahlah suara jangkrik sudah memberi hiasan kecil di wajah kedamaian Desa Rangkat… mungkin belalang dan yang lainya sedang sakit gigi, jadi enggan urun suaranya untuk memperindah malam Rangkat yang sudah indah dan mendamaikan…”

Yang bikin heran lagi ya ampun bulan ko kelihatan deket banget, sangking deketnya sampai motif lubang-lubang kawah dipermukaanya terlihat jelas banget… seperti danau yang airnya berkilau kuning rasanya ingin aku nyemplung dan berenang dipermukaan danau nan kuning kilaunya. Aku berdecak kagum dan reflex berujar. ”wah superrrr…?”, ini pasti kalo Kang Hikmat CS, iseng-iseng metik krambil alias buah nyiurnya Mas Hans bisa salah petik, mau metik kelapa malah keliru metik bulan.

Kang Doel Sumbang pun buru-buru merevisi lagunya “If Moon Can Speak” menjadi “Ternyata Bulan Tak Bisa Ngomong”, dia tak ber-kalau-kalau terus tentang rembulan yang bisa ngomong, soalnya rembulan yang mengangkangi Gunung Nini di daerah Pangalengan Bandung ternyata tak menyahut waktu ia ajak ngomong, dan Mommy kecewa berat karena dia tau ternyata lirik lagu kesukaanya ternyata kias belaka.

Klik..klik… “eta namina supermoon kang…” Hapeku berbunyi nada SMS dari Kang Inin seperti tahu tentang perihal apa yang sedang membuatku heran.

Sudah separuh desa aku kelilingi, dan inilah yang paling berbahaya, bukan maling barang-barang, tapi rumah para janda kembang rangkatlah, yang papan-papanya kerap bolong, mereka yang mengendap-ngendap diyakini tidak mau maling tapi tau sendirilah….

Dan rumah Mba Kembang inilah yang jadi Target Operation-ku, rumah janda Mas Erwin demikianlah amanat Pak Kades Yayok dan Sesepuh Desa Rangkat Pak Astoko untuk lebih ekstra diperhatikan, karena menurut laporan banyak orang tak dikenal mengendap-endap ga tau mau ngapain….

Dibawah lampu neon 10 watt diberanda rumah yang nampak ON OFF ON OFF…sinar kuning semu merahnya tak begitu kentara karena dikerubungi pasukan laron, berkejaran ia bergembira dalam tipuan cahaya, capung-capung malam tak mau kalah ikut menyerobot menyelinap dibalik ribuan laron yang sedang berebut cahaya boughtlamp di rumah Mba Kembang.

Sangking banyaknya laron sosok Kembang yang sedang duduk manis menyulam kaki sambil ber-es-em-es-an, begitu manisnya ia kala tersenyum kecil dan kemudian menutup bibirnya yang sedang memekarkan senyuman dengan tangan kirinya, duuuhh… manis manja, mungkin segelas teh manis, dan sepiring pisang goreng tepung yang sedari tadi menemani Kembang pun akan terasa tawar karena sari manisnya sudah hilang menguap dan malu karena ia tak lebih manis dari Kembang, kalau-kalu aku diberi kesempatan untuk nyruput dan ngeplok teh manis dan pisang gorengnya, yakin pasti tawar rasanya.

Inilah pertama kalinya aku melihat Kembang Janda fenomenal dari Mas Erwin, melalui BIR (Badan Intelegent Rangkat) aku mendapatkan rekaman obrolanku dengan kembang untuk pertama kalinya, inilah obrolanya, Lets CEKIDOT…!!!!

Aku Jadi MAS DALANG, KEMBANG tetap menjadi KEMBANG.

MAS DALANG : Misiiiiiii….numpang lewat…?Mikuuuummmm :)

KEMBANG : wlkmslm….. :):)

MAS DALANG :Hehhehehe…oleh senyum kembang..jadi berkembang-kembang :):)

KEMBANG :hehehe…

MAS DALANG :blm tdur pow mba…?:)

KEMBANG :belum mas… lembur….

MAS DALANG : lembuuurrr…kerjaan npo mba…? :):) mba besok aku bikin tasyakuran…utk mnsyukuri chat perdana kita hehehehe

KEMBANG :hehehehehe… tumpengnya yang tinggi y? lembur arsip mas… hehehe

MAS DALANG : Aku jadi terpikir tentang sebuah judul?

KEMBANG : apa tuh?

MAS DALANG : Tumpeng Tinggi di samping sumur rangkat..untuk ECR2&EKT lucu kyanya kalo aku bikin..:):)

KEMBANG :wehehehehe… boleh tuh… ceritanya ttg apa n siapa mas?

MAS DALANG :Tunggu jus por a waile…nanti aku posting… :):)

KEMBANG :waaahhhh.. kreatippp jempoll

MAS DALANG :tntng prtmuanku dg kembang…klo dcrtain disini g seru donkk…

KEMBANG : wokeeeyyyyy, ditunggu….

MAS DALANG :siiiiippp..baiklah utk mnmani dirimu yg sdng mngarsip..akanku temani dg tembang2 klasik pocuunnggg…just for you jreeeeennggg…

KEMBANG : :D:D menyimaaaakkkk, sambil ngarsippp

MAS DALANG :Ralat dandhanggula kesukaanmu saja…kali ini gitarny kupetik bak kecapi sunda… ting denting…dentong…tingg…tiiing…

***

jago kluruk rame kapiarsi….

lawa kalong luru padhelikan…

Jrih kawanen ing semune

Wetan bang sulakipun

***

Mertandhani yen wis bangun enjing

Rembulan urus gumlewang sakuloning gunung

Ing padesan wiwit obah

Lanang wadon pan samya anyambut kardi

***

Netepi kuwajiban

KEMBANG : seneng banget aq… hehehe tembang itu ada di cerpennya sapa gitu, aq lupa, ahmad tohari bukan ya?

MAS DALANG : ORANG-ORANG PROYEK

KEMBANG :woooooo, iya…. yg tiga orang dialognya, trs salah satu nembang ini

MAS DALANG :Kokok si ayam jantan kian ramai bersahutan, Kalong-kalong tersesat dibenserang lantrah terbang ketempat ia bersembunyi, seakan takut ia bertatap dengan siang yg berbinar-binar, ialah pipi langit timur nampak merah merona, itulah pagi yang bak perawan sudah muncultersenyum,bulan beringsut menguncupdibalik gunung, Pedesaan mulai bergoyah.hidup,berbaris laki2 dn prmpuan bersiap untuk bekerja, menepati syahadatnya pada kewajiban. lama nulis tafsirnya.hehehehe

KEMBANG :diposting dong mas…. :):)

MAS DALALNG :isin ahhh..posting macapat truussss… :):)

KEMBANG : yaaaaa, mas kan agen pelestarian macapat hehehehe

MAS DALANG :ya mba daku dan teman sudah lelah dn ampir ptus asa…sampai2 asmarandhana aku rekam bikin rock… :):) biar mereka mencarin tau apa itu asmarandhana?

KEMBANG : saluuut… aq dulu waktu kecil tiap mau tidur sll ditembangin sm mbah kakung lamaaaa banget udh hampir lupa… kuliah ambil matakuliah minor bahasa Jawa, majorku bhs Ind, jd nembang2 lg sm teman2 n dosen.. eeh, ketemu mas edi jg jago macapat, seneng banget..

MAS DALANG : inilah yang dinamakan berjodoh, kasarnya pacaran, tapi hayatnya spt inilah orng2 yg pny ksukaan yg sama sling bertmu itulah jodoh,apalagi kalo sampai kawin menghasilkan karya bersama dan dimunculkan itu berrti kawin dn melahirkan anak…dan itulah yg aku temukan dirangkat adanya satu visi saja yaitu kedamaian mba…angkara, benci, fitnah hanya ornamen yg dimain2kan olh smua anggota smta2 utk mnambh indah hiasan perdamaian… dn mba tau kn Negeri kita mmng kurang komposisi itu..sdh tak ada lgi satu visi…untuk satu tujuan bersama :):)

MAS DALANG : Chat ini aku posting mba..sekalian mpsting…dandanggulanya…)

KEMBANG : siiiiiip…..

Itulah tadi ulasan obrolan singkatku dengan Kembang, aku seneng banget, senengnya segunung gedenya jadi untuk mensyukuri kebahagian yang aku rasakan, makanya aku adakan syukuran ditanah lapang disamping sumur tirtamerta, dengan tumpeng yang tinggi banget, segunung tingginya sekalian syukuran kontraku untuk Live mendalang di RangkatTV diperpanjang. Ammmiiiiiiiiiiinnnnnnnnnn….!!!!

SEKIAN

************************************************************************************************

DESA RANGKAT menawarkan kesederhanaan cinta untuk anda, datang, bergabung dan berinteraksilah bersama kami (Klik logo kami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KALA ITU

Angin berdesir kala itu Aku tahu kau suka angin itu Semilir menerpa jilbab panjangmu itu Senyuman kecilmu tanda kau suka itu Aku ingin berta...